Posted by : Unknown
Rabu, 10 Desember 2014
Mr.Hermas Puspito adalah pakar di
bidang Marketing Strategy for Business , dan pencetus dari webpraktis serta
membantu dan membimbing ukm2 yang ada di seluruh indonesia .
Mr.hermas Puspito mengajarkan
bagaimana membuat bisnis plan tersebut , ketika kita dituntut memikirkan dan
menuliskan ide bisnis sebanyak-banyaknya dalam waktu 2 menit , pasti akan
banyak ide yang kita dapat , tetapi memilih ide bisnis yang tepat bagi kita itu
tidak mudah , bagaimana kita memiliki bisnis yang tidak hanya ada saat trand
sedang berlangsung , tetapi harus memiliki usaha yang berjangka waktu 1 , 2 , 5
, 10 tahun kedepan .
Bagaimana menetukan ide bisnis yang
tepat dan terarah :
-
Tentukan dahulu siapa target
pasarnya
-
Dimana kita akan menemukan target
pasar
-
Berapa nominal yg pantas kita
dapatkan dari bisnis tersebut
-
Dimana konsumen dapat menemukan
produk atau tempat usaha
-
Apa differensiasi & kelebihan
produk
Sebuah perencanaan usaha harus
memiliki 3 tujuan utama :
1. Action Plan
Sebuah perencanaan usaha akan
membantu untuk bergerak dan mengambil tindakan bisnis. Kita mungkin sudah lama
memikirkan untuk memulai sebuah usaha, tetapi prosesnya mungkin tampak seperti
sesuatu yang ‘menakutkan’ dan terlalu kompleks.
2. Road Map
Seketika memulai sebuah usaha,
perencanaan usaha akan menjadi alat yang sangat berguna agar usaha tetap pada
arah yang diinginkan.
3. Sales Tool
sebuah perencanaan usaha merupakan
sebuah alat bantu penjualan (Sales Tool), sehingga sebuah perencanaan usaha
merupakan alat yang bisa dipergunakan untuk meyakinkan investor untuk
menempatkan investasinya di usaha tersebut.
Membangun bisnis itu seperti
membangun sebuah rumah harus ada pondasi dan tiang-tiang sebagai penopang
bisnis kita agar tetap kuat .
Dan yang paling terpenting adalah
market karena market bagian dari pondasi dalam bisnis yang kita buat ,
bagaimana kita menjual suatu produk yang tidak hanya wants tapi needs dan
bermanfaat bagi konsumen.
Strategi Produk
Untuk mencapai good product
memerlukan beberapa tahapan .
-
BRAND
; harus mudah di ingat , logo harus menarik , mudah untuk di ucapkan , dan yang
terpenting adalah daftarkan merk / brand usaha kita .
-
FITUR ; Jasa , konten , kemasan ,
ukuran , semua harus kita perhatikan dan beri label halal untuk menciptakan
rasa aman bagi konsumen
-
USP ; kelebihan dari produk kita
-
INOVASI ; untuk membuat bisnis kita
tetap bertahan dan diminati konsumen diperlukan inovasi dari produk tersebut .
Teknik untuk meningkatkan omzet
penjualan , dan agar pembeli membeli produk kita :
-
Foto Produk ; gunakan foto produk
yang jelas dan menarik
-
Testimoni Pembeli ; meningkatkan
kepercayaan konsumen pada produk kita
-
Bonus Hadiah ; untuk memikat calon
pembeli
-
Call to action ;
Cara membangun loyalitas atau
kesetiaan konsumen :
-
Memiliki kelebihan dibanding pesaing
-
Inovasi berkelanjutan
-
Ciptakan varian baru
-
Program promosi
By Rizki Bara Ginting
By Rizki Bara Ginting
Popular Posts
-
Semangat Pagi Boss ! Kali ini kita akan ngebahas tentang profil semua tim manajemen kampus Umar Usman. Mungkin bos-bos sekalian udah p...
-
Jadwal kali ini adalah mengikuti seminar yang diisi oleh bapak adam nova. Adam nova adalah seorang business coaching. beliau telah men...
-
Bismillahirrahmanirrahim… Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pe...
-
Bos-bos yang saya cintai, saya kira hari itu tepatnya 2 Oktober adalah hari yang cukup special. Mengapa saya katakan demikian ? Karena s...
-
Assalamu'alaikum wr. wb. Pada hari Kamis (11-09-2014), Mahasiswa didik beserta Staff Pengajar dan Tim Manajemen Universitas Umar Us...
-
Nasab dan kelahirannya: Beliau adalah Umar bin khattabbin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurdh bin Razah bin Adi bin ...
-
Kami berprinsip, membahagiakan orang lain alangkah lebih baik jika kami pun bahagia melakukannya. Jika kami ikhlas dan tidak terpa...
-
Utsman adalah seorang saudagar yang kaya tetapi sangatlah dermawan. Ia juga berjasa dalam hal membukukan Al-Qur'an . Ia adalah kh...
-
Sekolah Umar Usman, diinisiasi oleh Ippho Santosa bersama Dompet Dhuafa pada tahun 2011. Ippho Santosa merupakan pakar otak kanan sekal...
-
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Di dalam islam sangat menjunjung tinggi kebersihan kerapihian dan juga ke indahan.Seseorang tidak...