Posted by : Unknown
Selasa, 21 Oktober 2014
Pada kesempatan
yang lalu kami mahasiswa/i umar usman kedatangan guru tamu yang sangat luar biasa,
beliau adalah pengusaha property muda yagn sukses. Beliau adalah Nicky Anoki Pengusaha
muda yang berasal dari bandung ini memberikan tips, mengajarkan dan juga berbagi
pengalamannya ke pada kami khususnya pada bidang usaha. Berikut adalah materi yang
di sampaikan oleh beliau yang telah kami rangkum
Rumusan sukses
beliau adalah “Bisnis + Optimis = Sukses”
Dengan menerapkan
rumusan tersebut maka kita harus membuat planning atau perencanaan masa depan dalam
waktu dekat atau pun jangka waktu jauh, seperti contoh dalam jangka waktu
·
21
hari =
·
41
hari =
·
147
hari =
·
287
hari =
Targetkan apa
yang bisa kita hasilkan dalam jangka waktu tersebut
Desain konsep
masa depan
- Kondisi impian di masa depan. Rencanakan dan gambarkan bagaimana impian anda di masa depan
- Kondisi saat ini. Impian kita di masa depan adalah hasil apa dari yang kita lakukan hari ini
- Bagaimana cara mencapainya
Optimis + Amalan
+ Sedekah + Ikhtiar = SUKSES
Produk usaha
di bagi menjadi beberapa kategori, yaitu
- Un trend market = Permintaan pasar banyak tetapi pemainnya sedikit, contoh keripik apel malang
- Down trend market = Permintaan banyak tetapi pemainnya pun banyak sehingga usaha sulit membesar kecuali jika produk kita memiliki pembeli abadi, contoh: mieayam, bakso, nasigoreng dan lain-lain.
- Trendless = Permintaan belum terlihat, pemainnya pun belum jelas. Produk belum ada yang kita buat atau sudah lama tidak ada kita produksi lagi dan diberikan inovasi
Ada beberapa
cara untuk memulai usaha tanpa harus making product:
- Repotition = Menempatkan ulang suatu produk dari yang memiliki harga awal rendah menjadi memiliki nilai jual yang lebih, seperti contoh kita membeli bakso di kaki lima atau pun gerobak keliling yang pastinya dengan harga yang murah lalu kita jual kembali bakso tersebut ketempat yang biasa menjual bakso tersebut dengan harga yang lebih mahal seperti restaurant
- Rebranding = Memberikan merk dagang ulang pada suatu produk. Contoh kita membeli sebuah baju yang sudah ada brandnya tetapi belum kuat brand tersebut atau pun yang belum ada brandnya sama sekali, lalu kita berikan brand kita pada produk tersebut dan kita jual dengan harga yang berbeda dengan syarat brand kita bisa meyakinkan dan menarik
Design Produk
- Kombinasi pasar dan passion. Passion harus di imbangi dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar, contoh passion kita adalah menggambarkan atau lukisan (kesenian). Sedangkan kebutuhan pasar adalah makanan (kuliner) berarti jika dihubungkan kita bisa membuat makanan yang bisa kita bentuk menjadi bentuk-bentuk yang menarik (seni)
- Pelajari dari hulu sampai ke hilirnya tentang produk kita
- Berbasi repeat order atau referral (jalur rekomendasi) tetapi produk kita harus dengan syarat berkualitas dan memiliki kelebihan di bandingkan yang lain
- Tertancap identitas kontras bisa dengan membuat tagline yang menarik sehingga membuat orang tertarik untuk membeli
- Packaging buatlah pengemasan pada produk kita yang menarik dan unik
- Representatif
- Persuatif
- Merek mengorbit yaitu dengan cara
- Sesuai dengan bidikan pasar buatlah ketertarikan sesuai target pasar
- Unik buat merek yang terasosiasikan dengan identitas kontras produk
- Mudah di ucap dan di ingat jangan membuat brand yang susah di ingat seperti contoh “mieayam ydgxysshuh1736” sesuaikan dengan logat orang Indonesia, sehingga mudah di lafadskan
Bangun Market
Membangun market bisa dengan beberapa
cara
·
Branding
= dengan catatan konsisten dan juga memberikan kesan kepada kolega
·
Advertising
= ada beberapa cara advertising, diantaranya:
# Black Berry
Massanger(BBM) : didalam blackberry massanger kita bisa memanfaatkan Display
Picture, Personal Massages dan juga Broadcast, diantara ketiga hal tersebut yang
harus di perhatikan adalah “Tagline”
# Brosur : Buatlah kalimat
yang menarik perhatian dalam spanduk adalah bagian badan atau isi spanduk, buat
keterdesakan sehingga seseorang harus segera membeli, berikan juga iming-iming seperti
hadiah dan lain sebagainya dan juga terakhir berikan testimony yang positif
Rumus Marketing
5 W+1 H
·
Who
?
·
Where
?
·
What
?
·
When
?
·
Why
?
·
How?
“Apapun ke tidak enakan yang kita alami
selama itu tidak membuat kita mati. Pasti itu membuat kita lebih hebat”
(Prinsip peningkatan
kadar diri)
Related Posts :
- Back to Home »
- 7 hari kurang langsung buka usaha , Kampus Bisnis Umar Usman , Kelompok Umar Satu , nicky anoki »
- 7 Hari kurang langsung buka usaha With Nicky Anoki (Pengusaha Properti)

Popular Posts
-
Semangat Pagi Boss ! Kali ini kita akan ngebahas tentang profil semua tim manajemen kampus Umar Usman. Mungkin bos-bos sekalian udah p...
-
Jadwal kali ini adalah mengikuti seminar yang diisi oleh bapak adam nova. Adam nova adalah seorang business coaching. beliau telah men...
-
Bismillahirrahmanirrahim… Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pe...
-
Bos-bos yang saya cintai, saya kira hari itu tepatnya 2 Oktober adalah hari yang cukup special. Mengapa saya katakan demikian ? Karena s...
-
Assalamu'alaikum wr. wb. Pada hari Kamis (11-09-2014), Mahasiswa didik beserta Staff Pengajar dan Tim Manajemen Universitas Umar Us...
-
Nasab dan kelahirannya: Beliau adalah Umar bin khattabbin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurdh bin Razah bin Adi bin ...
-
Kami berprinsip, membahagiakan orang lain alangkah lebih baik jika kami pun bahagia melakukannya. Jika kami ikhlas dan tidak terpa...
-
Utsman adalah seorang saudagar yang kaya tetapi sangatlah dermawan. Ia juga berjasa dalam hal membukukan Al-Qur'an . Ia adalah kh...
-
Sekolah Umar Usman, diinisiasi oleh Ippho Santosa bersama Dompet Dhuafa pada tahun 2011. Ippho Santosa merupakan pakar otak kanan sekal...
-
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Di dalam islam sangat menjunjung tinggi kebersihan kerapihian dan juga ke indahan.Seseorang tidak...