Posted by : Unknown Selasa, 21 Oktober 2014



Pada kesempatan yang lalu kami mahasiswa/i umar usman kedatangan guru tamu yang sangat luar biasa, beliau adalah pengusaha property muda yagn sukses. Beliau adalah Nicky Anoki Pengusaha muda yang berasal dari bandung ini memberikan tips, mengajarkan dan juga berbagi pengalamannya ke pada kami khususnya pada bidang usaha. Berikut adalah materi yang di sampaikan oleh beliau yang telah kami rangkum
Rumusan sukses beliau adalah “Bisnis + Optimis = Sukses”
Dengan menerapkan rumusan tersebut maka kita harus membuat planning atau perencanaan masa depan dalam waktu dekat atau pun jangka waktu jauh, seperti contoh dalam jangka waktu
·         21 hari =
·         41 hari =
·         147 hari =
·         287 hari =
Targetkan apa yang bisa kita hasilkan dalam jangka waktu tersebut

Desain konsep masa depan


  1. Kondisi impian di masa depan. Rencanakan dan gambarkan bagaimana impian anda di masa depan
  2. Kondisi saat ini. Impian kita di masa depan adalah hasil apa dari yang kita lakukan hari ini
  3. Bagaimana cara mencapainya

Optimis + Amalan + Sedekah + Ikhtiar = SUKSES

Produk usaha di bagi menjadi beberapa kategori, yaitu

  1. Un trend market = Permintaan pasar banyak tetapi pemainnya sedikit, contoh keripik apel malang
  2. Down trend market = Permintaan banyak tetapi pemainnya pun banyak sehingga usaha sulit membesar kecuali jika produk kita memiliki pembeli abadi, contoh: mieayam, bakso, nasigoreng dan lain-lain.
  3. Trendless = Permintaan belum terlihat, pemainnya pun belum jelas. Produk belum ada yang kita buat atau sudah lama tidak ada kita produksi lagi dan diberikan inovasi

Ada beberapa cara untuk memulai usaha tanpa harus making product:

  • Repotition = Menempatkan ulang suatu produk dari yang memiliki harga awal rendah menjadi memiliki nilai jual yang lebih, seperti contoh kita membeli bakso di kaki lima atau pun gerobak keliling yang pastinya dengan harga yang murah lalu kita jual kembali bakso tersebut ketempat yang biasa menjual bakso tersebut dengan harga yang lebih mahal seperti restaurant
  • Rebranding = Memberikan merk dagang ulang pada suatu produk. Contoh kita membeli sebuah baju yang sudah ada brandnya tetapi belum kuat brand tersebut atau pun yang belum ada brandnya sama sekali, lalu kita berikan brand kita pada produk tersebut dan kita jual dengan harga yang berbeda dengan syarat brand kita bisa meyakinkan dan menarik

Design Produk

  1. Kombinasi pasar dan passion. Passion harus di imbangi dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar, contoh passion kita adalah menggambarkan atau lukisan (kesenian). Sedangkan kebutuhan pasar adalah makanan (kuliner) berarti jika dihubungkan kita bisa membuat makanan yang bisa kita bentuk menjadi bentuk-bentuk yang menarik (seni)
  2. Pelajari dari hulu sampai ke hilirnya tentang produk kita
  3. Berbasi repeat order atau referral (jalur rekomendasi) tetapi produk kita harus dengan syarat berkualitas dan memiliki kelebihan di bandingkan yang lain
  4. Tertancap identitas kontras bisa dengan membuat tagline yang menarik sehingga membuat orang tertarik untuk membeli
  5. Packaging buatlah pengemasan pada produk kita yang menarik dan unik
  6. Representatif
  7. Persuatif
  8. Merek mengorbit yaitu dengan cara
    1. Sesuai dengan bidikan pasar buatlah ketertarikan sesuai target pasar
    2. Unik buat merek yang terasosiasikan dengan identitas kontras produk
    3. Mudah di ucap dan di ingat jangan membuat brand yang susah di ingat seperti contoh “mieayam ydgxysshuh1736” sesuaikan dengan logat orang Indonesia, sehingga mudah di lafadskan
9. Harga tepat sesuai dengan nilai tambah (value) perkirakan kemampuan target pasar ukur perluasan harga pesaing

Bangun Market

Membangun market bisa dengan beberapa cara
·         Branding = dengan catatan konsisten dan juga memberikan kesan kepada kolega
·         Advertising = ada beberapa cara advertising, diantaranya:
# Black Berry Massanger(BBM) : didalam blackberry massanger kita bisa memanfaatkan Display Picture, Personal Massages dan juga Broadcast, diantara ketiga hal tersebut yang harus di perhatikan adalah “Tagline”
# Brosur : Buatlah kalimat yang menarik perhatian dalam spanduk adalah bagian badan atau isi spanduk, buat keterdesakan sehingga seseorang harus segera membeli, berikan juga iming-iming seperti hadiah dan lain sebagainya dan juga terakhir berikan testimony yang positif
Rumus Marketing

5 W+1 H
·         Who ?
·         Where ?
·         What ?
·         When ?
·         Why ?

·         How?

“Apapun ke tidak enakan yang kita alami selama itu tidak membuat kita mati. Pasti itu membuat kita lebih hebat”
(Prinsip peningkatan kadar diri)

So masih ada alasan untuk menunda buka usaha!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Team 'Umar Sa1u' -Kampus Bisnis Umar Usman- Powered by Blogger - Designed by Faris Aqomaddin -