Posted by : Unknown
Jumat, 05 September 2014

3 elemen dalam komunikasi :
- Keseluruhan kata-kata anda hanya 7% yang dapat di tangkap oleh lawan bicara anda. Sebab, sekedar berkata-kata saja tidak cukup mempengaruhi orang lain (pendengar) tanpa diiringi dengan unsur lain seperti yang akan dijelaskan berikut.
- Intonasi mempengaruhi 38% terhadap lawan bicara anda. Unsur-unsur yang meliputi intonasi antara lain Nada suara (tinggi rendahnya suara), Tempo suara (cepat lambatnya kata-kata) dan power suara.
- Fisiologi memberikan kontribusi terbesar dalam mempengaruhi lawan bicara anda yaitu 55%. Fisiologi ini terdiri atas bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Seseorang dapat ditebak ekspresi wajahnya meski hanya mendengar suaranya, dengan demikian sebagai pebisnis yang baik diharapkan senantiasa memberikan “smile voice” saat berbicara dengan lawan bicara anda melalui telepon.
Menurut Kerry L Johnson 83% transaksi penjualan terjadi karena pembeli menyukai penjualnya. Artinya, terkadang seseorang tidak begitu membutuhkan barang yang ditawarkan penjual, namun karena adanya interaksi yang dibangun oleh penjual sehingga terciptanya suasana keakraban maka terjadilah transaksi. Secara tidak sadar kita akan memilih penjual yang memiliki banyak kesamaan dengan kita. Sebagai contoh saat kita sedang berbelanja ke pasar, kita akan lebih nyaman saat berinteraksi dengan penjual yang memiliki kesamaan dengan kita, meskipun harga barang yang akan dibeli sama harganya dengan penjual yang lain. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membangun kesamaan (pacing), antara lain kesamaan bahasa daerah, tempat tinggal, sekolah dan sebagainya. Jika kesamaan ini telah berhasil dibangun, selanjutnya hal yang harus kita dilakukan adalah mengarahkan lawan bicara (leading), yaitu menjelaskan maksud dan tujuan kita, apakah menawarkan produk atau kerja sama bisnis.
BASIC COURTESY
Hal-hal dasar yang harus diketahui para pebisnis pemula sebelum berinteraksi dengan client antara lain :
1. Persiapan
Jika ada istilah yang mengatakan “don’t judge book from the cover”, maka sepertinya istilah ini harus anda lupakan terlebih dahulu untuk anda yang ingin menjadi pebisnis, sebab hal yang pasti akan dilihat oleh client pertama kali bertatap muka adalah penampilan anda, bukan produk atau proposal anda !! Sehingga penting sekali untuk mengetahui hal-hal yang harus anda persiapkan sebelum menemui client. Pertama, anda harus mengetahui terlebih dahulu dimana anda dan client akan bertemu, sebab tempat akan menentukan kostum yang cocok untuk anda kenakan. Jika anda akan bertemu di kantor, maka sebaiknya gunakan pakaian formal. Kedua, pastikan kondisi badan dan mulut dalam kondisi wangi dan segar, sehingga client akan merasa nyaman saat berdiskusi dengan anda. So, jangan sampe BM atau BB ya broo !!
2. Perkenalan
Sebagai pebisnis yang berkarakter Umar Usman, ucapkanlah salam dan sapaan yang benar, sopan serta menghargai client. Saling berjabat tangan dan membangun keakraban, dan diujung pertemuan hal yang mungkin dapat anda lakukan adalah saling bertukar kartu nama.
3. Jamuan Makan
Pada saat janji temu, pastikan anda datang terlebih dahulu, jangan sampai client menunggu anda. Kemudian bangun suasana keakraban dan buatlah client senyaman mungkin dengan memberikan pelayanan yang terbaik.
4. Pertemuan/Rapat
Pada saat pertemuan, jangan mendominasi pembicaraan apalagi memotong pembicaraan. Biasakan membuat catatan untuk point-point penting, kemudian pilihlah posisi duduk disebelah kanan client untuk membantu membuat percakapan lebih nyaman.
5. Berpamitan
Penting sekali untuk anda memperhatikan kalibrasi client anda, jika client sudah melihat jam berkali-kali, merapikan barang atau kelihatan tidak serius, maka anda jangan meneruskan presentasi anda, sebaliknya segerakan untuk menutup presentasi. Kemudian tinggalkan pesan & kesan positif, dan ucapkan terima kasih dengan tulus.
6. Penggunaan alat komunikasi
Anda harus dapat memilah dan memilih alat komunikasi yang tepat/sesuai dengan fungsinya masing-masing :
1. Telepon. Anda dapat menggunakannya untuk informasi yang bersifat urgent dan memerlukan respon yang cepat. Meskipun untuk pembicaraan yang singkat, anda harus melakukannya dengan cara yang sopan. Kemudian penggunaan telepon juga tidak disarankan untuk menjelaskan hal-hal yang panjang.
2. SMS/Chat. Jika telepon digunakan untuk mendapatkan respon yang cepat atau mendesak, maka tidak demikian halnya dengan sms. Anda dapat menggunakannya jika dimungkinkan anda baru membutuhkan balasan informasi sehari, atau beberapa hari setelahnya. Hindari penggunaan singkatan yang terlalu banyak/kurang umum, terutama bahasa alay. Kemudian pastikan terlebih dahulu dengan membaca dua kali sebelum anda mengirim pesan.
3. Penggunaan Email. Anda dapat menggunakan alternatif email untuk informasi yang kurang urgent namun membutuhkan penjelasan yang cukup panjang. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan, dan jangan lupa lampirkan identitas anda (auto signature).
Related Posts :
- Back to Home »
- Basic Courtesy in Bussiness , Cerita , Kampus Bisnis Umar Usman , Kelompok Umar Satu »
- Basic Courtesy in Bussiness by Miss Ly

Popular Posts
-
Semangat Pagi Boss ! Kali ini kita akan ngebahas tentang profil semua tim manajemen kampus Umar Usman. Mungkin bos-bos sekalian udah p...
-
Jadwal kali ini adalah mengikuti seminar yang diisi oleh bapak adam nova. Adam nova adalah seorang business coaching. beliau telah men...
-
Bismillahirrahmanirrahim… Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pe...
-
Bos-bos yang saya cintai, saya kira hari itu tepatnya 2 Oktober adalah hari yang cukup special. Mengapa saya katakan demikian ? Karena s...
-
Assalamu'alaikum wr. wb. Pada hari Kamis (11-09-2014), Mahasiswa didik beserta Staff Pengajar dan Tim Manajemen Universitas Umar Us...
-
Nasab dan kelahirannya: Beliau adalah Umar bin khattabbin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurdh bin Razah bin Adi bin ...
-
Kami berprinsip, membahagiakan orang lain alangkah lebih baik jika kami pun bahagia melakukannya. Jika kami ikhlas dan tidak terpa...
-
Utsman adalah seorang saudagar yang kaya tetapi sangatlah dermawan. Ia juga berjasa dalam hal membukukan Al-Qur'an . Ia adalah kh...
-
Sekolah Umar Usman, diinisiasi oleh Ippho Santosa bersama Dompet Dhuafa pada tahun 2011. Ippho Santosa merupakan pakar otak kanan sekal...
-
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Di dalam islam sangat menjunjung tinggi kebersihan kerapihian dan juga ke indahan.Seseorang tidak...