Posted by : Unknown Selasa, 30 September 2014


Sesi 1 by Dr. Zain Uchrowi, MDM
Setiap manusia yang telah terlahir ke dunia pada dasarnya telah sukses. Pernyataan ini mungkin telah sering sekali kita dengar. Semua memang adalah rahasia Allah mengapa memilih kita untuk hadir ke dunia ini. Namun teori ilmiah mengatakan bahwa seorang insan terlahir karena telah mengalahkan jutaan bahkan milyaran sel sperma yang lain hingga terbentuklah embrio yakni kita saat ini. Karena anda begitu istimewa, jadilah bagian dari keistimewaan itu. Karena anda telah sukses terlahir, maka jadilah bagian dari kesuskesan itu. Salah satunya yakni dengan memiliki mental sukses. Karena banyak sekali orang yang mengatakan, menginginkan dan bercita-cita untuk menjadi orang sukses, sementara dia tidak pernah membiasakan dirinya untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sukses. Dan sesungguhnya kebiasaan sukses tersebut adalah hal-hal yang sangat simple namun banyak orang yang menganggapnya sebagai hal yang sepele. Salah satunya adalah sikap disiplin. Banyak orang yang ingin sukses, namun tidak pernah disiplin waktu. Aturan yang ada bukan untuk dilaksanakan, namun dilanggar. Inilah yang banyak terjadi pada bangsa ini. Oleh sebab itu, ini menjadi tugas kita bersama untuk mengubah budaya bangsa ini. Jika kita tidak mampu mengubah orang lain menjadi lebih baik, setidaknya mulailah dari diri kita sendiri.  Taukah anda, sukses bukanlah semata-mata tentang seberapa kita kaya. Namun, sukses adalah tentang seberapa kita bertambah. Sebagaimana hadits Rasulullah “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin”. Rasulullah mengatakan, orang yang  demikian digolongkan sebagai orang yang beruntung. Sebaliknya orang yang hari ini lebih buruk dari kemarin digolongkan sebagai orang yang celaka.
Ada 3 ukuran atau karakteristik sukses :
1.      Bertambah. Sebagaimana yang telah dibahas diatas bahwa sukses bukanlah tentang seberapa kita kaya semata, namun sukses adalah tentang seberapa kita bertambah. Dan pertambahan itu tidak hanya berupa materi, namun juga nonmateri. Artinya ada hal kebaikan yang terus bertambah disetiap harinya.  
2.      Berimbang. Artinya saat seseorang telah merasa berkecukupan dari segi materi, maka harus seimbang dengan sisi non materinya. Sebagai contoh, waktu. Banyak orang kaya namun ia masih terkekang oleh waktu, sulit berkumpul dengan keluarga dan sebagainya. 
3.      Berkah. Inilah keistimewaan ajaran agama yang kita cintai ini. Manusia dianjurkan untuk berusaha namun tidak untuk megejar duniawi semata karena akan ada kehidupan yang lebih kekal setelah mereka mati yakni kehidupan akhirat. Sehingga dalam mencari rezeki ada rambu yang harus senantiasa diperhatikan. Rasulullah bersabda “Carilah olehmu rezeki yang halal lagi baik”. Itulah sebabnya, mengapa ada orang yang penghasilannya sedikit namun ia telah merasa begitu tercukupi kebutuhan hidupnya, namun sebaliknya ada orang yang penghasilannya cukup berlimpah namun selalu merasa kekurangan.   


Setelah kita mengetahui beberapa ukuran sukses, mari bersama-sama kita aplikasikan beberapa hal yang dapat mengarahkan kita kepada kesuksesan. Diantaranya ada 5 karakter sukses sebagai berikut :
1.      Keyakinan (integritas). Inilah yang harus senantiasa kita tanamkan didalam mindset kita. Sebagaimana ajaran Islam yang kita ketahui, kita meyakini bahwa Allah itu ada, Allah Maha Kaya meski kita tak pernah melihat-Nya. Dan keyakinan itu diaplikasikan melalui do’a. “You have believe, then you’ll see” !
2.      Visi. Inilah apa yang kita sebut dengan bermimpi. Itulah sebabnya mengapa dikatakan orang yang tidak memiliki cita-cita bahkan sedetik saja dalam hidupnya, sama saja seperti mayat yang berjalan (zombie).
3.      Sikap atau Determinasi (Attitude). Taukah anda bahwa sikap sangat besar pengaruhnya terhadap kesuksesan anda. Anda perlu memiliki sikap tekun dan pantang menyerah agar dapat mewujudkan impian anda. Orang sukses adalah orang yang pernah bahkan sering mengalami kegagalan. Namun karena kegigihan dan  ketekunan mereka yang tidak berhenti mencoba hingga akhirnya goal yang mereka impikan terwujud.
4.      Sinergi/tindakan (action).. Saat kita telah mengerti apa tujuan hidup kita, apa yang ingin kita capai, dan saat kita memiliki sikap dan komitmen yang sungguh-sungguh unuk mewujudkan impian kita, maka mulailah untuk mewujudkannya melalui tindakan. Tidak akan ada gunanya anda menggoreskan mimpi-mimpi anda, menghadiri berbagai workshop dan pelatihan, serta berbagai seminar motivasi dengan harapan impian anda segera terwujud tanpa anda sertai dengan aksi yang nyata. Lakukanlah dengan sunggguh-sungguh (bekerja keras) dan konsistenlah anda terhadap apa yang tegah anda tekuni. “Every expert started from the beginner”
5.      Transformasi/hasil (berhijrah). Lakukanah kaizen atau perubahan kecil secara kontinyu.

Ada 4 indra sukses yang bisa kita optimalkan :
1.      Hati (Heart). Hati digunakan untuk menjemput bimbingan dari Allah SWT yang divisualisasikan melalui do’a.
2.      Otak/akal (berpikir). Keistimewaan otak atau akal yang dikaruniakan oleh Allah dapat kita optimalkan untuk membuat planning atau rancangan masa depan.
3.      Tangan (untuk berbuat atau melakukan sesuatu/action).
4.      Telinga dan mulut/Ear & mouth (untuk mendengar dan berbicara). Optimalkan untuk berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.


Dan inilah gambaran kontribusi dari masing-masing indra sukses diatas :



Sesi 2 by Kartiko Adi Pramono
Excellent Mindset
Apa itu  mindset?
Sering kali kita mendengar kata mindset tetapi mungkin kita belum tahu apa arti mindset. Mindset sebenarnya terdiri dari dua kata bahasa Inggris yang digabung menjadi satu yaitu "mind" dan "set". Mind berarti pikiran, akal, ingatan. Sedangkan "set" adalah kumpulan, perangkat. Jadi secara harafiah diartikan sebagai kumpulan atau perangkat pikiran atau akal atau ingatan. Tetapi sebenarnya maksudnya bukan seperti itu, tetapi yang saya maksud mindset disini adalah pola pikir yang mempengaruhi pola kerja. Dari  defenisi tersebut maka tujuan memiliki excellent mindset adalah agar anda bertindak dengan pola yang “tidak biasa” dari orang lain. Mindset itu layaknya kipas tangan, akan bekerja baik setelah terbuka. Begitu pulalah halnya dengan manusia, jika minsdsetnya selalu tertutup, tidak mau menerima kebaikan maka akan sulit pula baginya untuk maju atau berkembang. Salah satu cara membuka mindset anda adalah dengan “positif thinking”. Dan kebanyakan manusia hanya dapat mensyukuri setiap hal yang bersifat positif, dan mengeluh saat menerima sebuah ujian ataupun cobaan. 

Rahasia mindset sukses berinovasi
1.      Pengetahuan (Knowledge) >> terletak di akal atau otaak manusia.
2.      Keterampilan (Skill) >> letaknya disemua anggota tubuh yang kita bisa kendalikan.
3.      Sikap (Attitude)
Fenomena gunung es dan kaitannya dengan kesuksesan
 



Kesuksesan diibaratkan layaknya seperti fenomena es didalam air. Akan terlihat lebih banyak yang tenggelam didalam air, dan hanya dibagian atasnya saja yang terapung diatas permukaan air. Bagian yang tenggelam adalah sikap kita yakni yang paling banyak mempengaruhi kesuksesan (88%), 12% lainnya hanya ditentukan oleh knowledge dan skill. Kita bisa mengukur bagaimana sikap dan karakter kita bukan ?? Bisa dibayangkan banyak sekali orang yang memiliki tingkat pengetahuan dan skill yang tinggi, namun tidak memiliki sikap dan wibawa yang baik, orang-orang yang seperti ini tidak layak dikategorikan sebagai orang sukses.
“Pengusaha mampu membuat hal yang biasa menjadi luar biasa”
1.      Otak manusia itu fleksibel.
2.      Seimbangkan Pikiran yakni otak kanan dan otak kiri anda.
3.      Fokuskan Pikiran. Ada 4 hal yang harus anda lakukan agar anda fokus :
a.       Lupakan yang lain (sementara).
b.      Afirmasi (self talk) artinya mengarahkan pada diri sendiri
c.       Visualkan (gambarkan dipikiran)
d.      Enjoy “Semua yang enjoy pasti focus”.
4.      Buang setiap hambatan dari pikiran anda. Caranya dengan banyak mengatakan “YA” pada setiap kesempatan maka tubuh akan melakukan sesuai dengan perintah kerja otak anda. “Believing is Seeing”.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Team 'Umar Sa1u' -Kampus Bisnis Umar Usman- Powered by Blogger - Designed by Faris Aqomaddin -